Sunday, August 11, 2013

Perkebunan Teh “Kajoe Aro”


Post Type
Dataran tinggi yang begitu indah, Kayu Aro. Kaya akan panoraman alam yang berlimpah. Air Terjun Telun Berasap, Aroma Pecco yang berada di tengah-tengah hamparan Perkebunan Teh yang luas. Juga disinilah pondasi dari tiang sumatera “Gunung Kerinci”.

Hamparan Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh “Kajoe Aro” dirintis antara tahun 1925 hingga 1928 oleh perusahaan salah satu perusahaan dari Belanda, Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdam (NV HVA). Merupakan perkebunan Teh Terluas di dunia dalam “satu hamparan”. Berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl  menjadikannya Perkebunan Teh tertinggi kedua didunia, mempunyai luas lebih dari 3.000 hektare. Bayangkan betapa luasnya hamparan perkebunan teh nan hijau ini.
Kemudian pada tahun 1998 perkebunan teh Kayu Aro dikembangkan menjadi objek wisata , yang banyak dikunjungi wisatawan hingga saat ini.

Teh Istimewa “Kajoe Aro”

Teh Istimewa Kajoe Aro
Teh Istimewa Kajoe Aro
Selain itu, teh yang dihasilkan dari perkebunan ini juga menyandang predikat sebagai teh terbaik dunia. Tentu saja karena pemeliharan, perawatan perkebunan hingga proses produksi di jaga dengan baik, setidaknya itu yang saya lihat saat melakukan kunjungan ke PTPN VI Kayu Aro beberapa tahun lalu :)

0 comments:

Post a Comment